Vietnam Tembus Babak Perempatfinal Piala Asia 2019

Wakil ASEAN dalam ajang Piala Asia 2019, Vietnam terus mencatatkan kejutan di ajang paling bergengsi negara-negara Asia tersebut. Terbaru, Vietnam sukses menggenggam satu tiket ke babak perempatfinal usai mengandaskan Yordania melalui drama adu penalti.

Kemenangan yang diraih Vietnam di Al Maktoum Stadium, Dubai sekaligus menyamai prestasi mereka di tahun 2007 silam kala menjadi tuan rumah Piala Asia bersama dengan Thailand, Malaysia, serta Indonesia. Kala itu tim berjuluk Naga Emas juga berhasil lolos sampai ke babak delapan besar.

Vietnam langsung mendominasi laga dengan serangan cepat sejak pertandingan dimulai. Akan tetapi, bukannya mencetak gol, Vietnam malaha harus kebobolan terlebih dahulu. Gol ini lahir dari situasi bola mati yang didapatkan oleh pemain Yordania. Baha’ Abdel-Rahman yang maju sebagai eksekutor mampu menaklukkan kiper Dang Van Lam melalui tendangan terukurnya. Skor 1-0 ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua pemain-pemain Vietnam semakin bernafsu untuk mencetak gol guna menyamakan kedudukan. Usaha dari tim besutan pelatih Park Hang-seo itu akhirnya membuahkan hasil di menit ke-51 setelah Nguyen Cong Phuong sukses menjebol gawang Yordania. Pemain bernomor punggung 10 itu sukses meneruskan umpan silang cantik dari Nguyen Trong Hoang dengan sempurna.

Kedudukan 1-1 ini bertahan hingga 90 menit babak normal berakhir serta 2×15 menit di babak tambahan. Hasil ini terpaksa membuat kedua tim harus menjalani babak adu penalti untuk menentukan pemenang.

Dalam babak tos-tosan ini, dua penendang Yordania gagal melakukan tugasnya dengan baik dimana tendangan Baha’ Faisal menerpa mistar gawang serta sepakan Ahmed Samir berhasil diselamatkan oleh Dang Van Lam. Sementara di kubu Vietnam Tran Minh Vuong menjadi satu-satunya pemain yang gagal mencetak gol di babak adu penalti ini. Hasil itu memastikan Vietnam lolos ke babak perempatfinal dan akan menunggu pemenang antara Jepang melawan Arab Saudi sebagai lawan mereka di babak selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *